FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TRAFFIC SAFETY DI DAERAH RAWAN BENCAN ROB (STUDI KASUS : BANJIR ROB JALAN ARTERI NASIONAL RUAS TERBOYO-GENUK, KOTA SEMARANG)

Masmian Mahida

Abstract


Dampak perubahan iklim telah memicu kenaikan muka air laut dan penurunan muka tanah di daerah pesisir Kota Semarang, di daerah Terboyo Wetan, sehingga terjadi bencana banjir rob. Fakta lapangan tahun 2017 beberapa kejadian banjir rob sering mengenangi jalan arteri nasional, kurang lebih sepanjang 300 meter dengan ketinggian hingga 25 cm di daerah Kelurahan Terboyo Wetan. Sehingga ancaman banjir rob pada jalan tersebut mengakibatkan teridentifikasi buruknya tingkat traffic safety. Tujuan penelitian ilmiah ini adalah menyediakan bahan masukan yang dapat digunakan acuan dalam perumusan kebijakan Pemerintah Kota Semarang terkait pengelolaan bencana rob yang berdampak pada traffic safety di daerah rawan banjir rob. Metode analisis menggunakan statistik Relative Importance Index (RII) diikuti dengan analisis deskriptif dengan gambar kuadran. Berdasarkan hasil survei lapangan dan analisis disimpulkan bahwa bahan masukan untuk Pemerintah Kota Semarang dalam membuat perencanaan strategis mitigasi dampak banjir rob adalah dengan memperbaiki tingkat pendidikan masyarakat yang masih rendah di wilayah pesisir, koordinasi antar instansi pemerintah bila terjadi bencana rob, dan meningkatkan kinerja KSB yang berada di bawah tanggung jawab Pemerintah Kota Semarang. Selain itu dengan mengoptimalkan pada pendayagunaan peta rawan bencana sebagai instrumen peringatan dini banjir, memanfaatkan keberadaan kelompok KSB di masyarakat, dan menggunakan sistem peringatan dini banjir sebagai instrumen peringatan dini.

 


Full Text:

PDF

References


David Olugbenga Taiwo, Nooraini Yusoff1, Norsiah Abdul Aziz. 2018. Housing Preferences and Choice in Emerging Cities of Developing Countries. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology 10, Issue 1.

Giffinger, R., dkk. 2007. Smart Cities Ranking of European Medium-Sized Cities. Final Report Research Project Sponsored by Asset One Immobilienentwicklungs AG. Vienna UT: Centre of Regional Science.

Hakim, Buddin A., Suharyanto dan Wahju Krisna Didajat. 2013. Pengaruh Kenaikan Air Laut Pada Efektifitas Bangunan Untuk Perlindungan Pantai Kota Semarang. Jurnal Buletin Oseanografi Marina Juli 2013. vol.2. Semarang : Universitas Diponegoro.

Irdayani dan Sarwono Hardjomuljadi.2016. Kendala Proyek Konstruksi yang Dikerjakan Secara Swakelola di Kabupaten Pinrang. Jurnal Konstruksia Volume 8 Nomor 1. Jakarta : Universitas Muhammadyah Jakarta.

Kurniati, Ni Luh Wayan Rita dan Indra Setiawan. 2017. Keselamatan Berlalu Lintas di Kota Bogor. Jurnal Manajemen Transportasi dan Logistik Volume 4 Nomor 1. Jakarta : Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti.

Leaning, J. dan Guha-Sapir, D. 2013. Natural Disaster, Armed Conflict, And Publict Health. The New England Journal of Medicine, 369, 1836-1842.

Murat, Gündüz, Yasemin Nielsen, Mustafa Özdemir.2013. Quantification of Delay Factors Using the Relative Importance Index Method for Construction Projects in Turkey. Journal of Management in Engineering, Vol. 29, No. 2.

Pujiastuti, Ratih, dkk. 2015. Pengaruh Land Subsidence terhadap Genangan Banjir dan Rob di Semarang Timur. Jurnal Medika Komunikasi Teknik Sipil Volume 21 No.1.Semarang: Universitas Diponegoro.

Raja, Rafidah, Muhammad Rooshdi, Muhd Zaimi Abd Majid, Shaza Rina Sahamir, Noor Akmal Adillah Ismail.2018. Relative importance index of sustainable design and construction activities criteria for green highway. Chemical Engineering Transactions Journal.

Reizkapuni, Roofy dan Mardwi Rahdriawan. 2014. Pemberdayaan Masyarakat dalam Penanggulangan Banjir Rob di Kelurahan Tanjung Mas Kota Semarang. Jurnal Teknik Perencanaan Wilayah Kota Volume 3 Nomor 1. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ruktiningsih, Rudatin. 2017. Analisis Tingkat Keselamatan Lalu Lintas Kota Semarang. Jurnal Teknik Sipil Volume 1 No 1. Semarang:Unika Soegijapranata.

Sariffudin, S.2015. Peluang Pengembangan Smart City Untuk Mewujudkan Kota Tangguh di Kota Semarang. Jurnal Teknik. Semarang : Universitas Diponegoro.

Somiah, M.K., Osei-Poku, G. and Aidoo, I.2015.Relative Importance Analysis of Factors Influencing Unauthorized Siting of Residential Buildings in the Sekondi-Takoradi Metropolis of Ghana. Journal of Building Construction and Planning Research.

Suhelmi, Ifan Ridlo.2013.Pemetaan Kapasitas Adaptif Wilayah Pesisir Semarang Dalam Menghadapi Genangan Akibat Kenaikan Muka Air Laut Dan Perubahan Iklim. Journal Forum Geografi Volume 27 No 1 Juli 2013. Surakarta: Universitas Muhammadyah Surakarta.

Yunarto dan Anggun Mayang Sari.2017. Relokasi Penduduk Terdampak Banjir Sungai Di Kota Semarang. Jurnal Majalah Ilmiah Globe Volume 19.Jakarta :Badan Informasi Geospasial.

Zachawerus, Josanty dan Anton Soekiman.2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pelaksanaan Proyek Jalan Nasional di Maluku Utara. Jurnal Infrastruktur Vol. 4 No. 01. Bandung: Universitas Parahyangan.

Zulqa, Ihdaa, Ratna Herawati dan Untung Sri Hardjanto.2017.Pelaksanaan Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Semarang Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Semarang. Diponegoro Law Journal Volume 6, Nomor 4. Semarang: Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.