MODEL DINAMIKA PERKEMBANGAN KOTA-KOTA DI WILAYAH TIMUR INDONESIA

Dica Erly Andjarwati, FX Hermawan K

Abstract


Pembangunan yang lebih terkonsentrasi di Pulau Jawa menyebabkan Pulau Jawa menjadi lebih maju dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia. Hal tersebut kemudian menimbulkan ketimpangan struktur ekonomi yang mencolok antara Pulau Jawa dan luar Pulau jawa. Daerah yang relatif kaya mengalami pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi sehingga berdampak bagi kesejahteraan masyarakat di daerahnya. Hal ini sangat jauh berbeda dengan daerah-daerah yang relatif miskin khususnya kawasan timur Indonesia.

Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Desember 2017, di 4 Kota/Kabupaten di Timur Indonesia antara laian Jayapura, Sorong, Ternate dan Manggarai Barat. Adapun tujuan dari penelitian untuk membangun model dalam pengembangan kota di Wilayah Timur Indonesia, simulasi skenario kebijakan dalam pengembangan kota di Wilayah Timur Indonesia dengan pendekatan yang digunakan adalah sistem dinamik. Berdasarkan hasil simulasi dimana penduduk di daerah wisata akan cepat berkembang seperti Kabupaten Manggarai Barat, tingkat kemiskinan di Wilayah timur dibandingkan rata-rata di Indonesia sudah membaik sampai tahun 2017 tetapi kedepannya akan terjadi gap kembali terhadap rata-rata tersebut.  Sedangkan rata-rata pengangguran di wilayah timur cenderung sama dan mendekati rata-rata Indonesia. Yang perlu menjadi perhatian adalah pengelolaan sampah yang masih belum optimal sehingga masih memerlukan alokasi lahan untuk sampah kedepannya.


Full Text:

PDF

References


Badan Koordinasi Penanaman Modal. 2011. Peta Ketimpangan Investasi Antar Pulau 2011.

Budiharjo, E. 1997. Tata Ruang Perkotaan. Bandung : Alumni.

Dukcapil Kemendagri. 2014. Peta Pesebaran Penduduk Tahun 2014 Setiap Propinsi di Indonesia.

Firmansyah I. 2015. Aplikasi Powersim Studio untuk Sistem Dinamik. Sistem Dinamik Center-Indonesia. Bogor. Triwala Press.

Norton, Seth. 2002. Economic Growth and Poverty : In Search of Trickle Down. Cato Journal, 22(2) : pp: 263-275

Permen PUPR No.13.1/PRT/M/2015 tentang Rencana Strategis Kementerian PUPR Tahun 2015-2019.

Pratiwi, S dan K Sutrisna. 2014. Pengaruh PDRB per kapita, pendidikan dan Produktivitas Tenaga Kerja Terhadap Kemiskinan Di Provinsi Bali. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Sukirno, S. 1981. Ekonomi Pembangunan. Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Simanjutank, P. 2000. Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Sterman JD. 2000. Busness Dynamics: System Thinking and Modeling for Complex World. USA. The Mc Graw-Hill Companies.

Todaro, Michael P, and Smith Stephen C., 2003. Economic Development, Eighth Edition. United Kingdom : Pearson Education Limited

UNDP. 2003. A world of Development Experience : Annual Report 2003

UU 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025.

Yuminarti, U. 2017. Kebijakan Transmigrasi Dalam Kerangka Otonomi Khusus Di Papua : Masalah dan Harapan. Jurnal Kependudukan Indonesia. Vol 12. No 1. Hal 13-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.