PENDEKATAN MULTIDIMENSIONAL SCALING UNTUK EVALUASI STATUS KEBERLANJUTAN DANAU MANINJAU

Masmian Mahida, FX Hermawan K, Galih Primanda Permana

Abstract


Fungsi Danau Maninjau merupakan salah satu dalam 15 danau prioritas nasional pada tahun 2015-2019 untuk dilestarikan mengingat memiliki fungsi strategis bagi kehidupan masyarakat. Dalam observasi lapangan yang dilakukan tahun 2017 bahwa berbagai aktivitas industri dan domestik tersebut banyak di lakukan di area sempadan danau, seperti permukiman, restoran, pertokoan kelontong dan makanan, serta pertanian yang mana dari aktivitas tersebut dapat berpotensi mengakibatkan pencemaran pada perairan danau. Untuk itu tujuan dari penelitian ilmiah ini adalah untuk mengetahui tingkat keberlanjutan Danau Maninjau berdasarkan 3 dimensi, yakni ekologi, sosial, ekonomi. Metode analisis yang digunakan adalah dengan penilaian cepat multi disiplin dengan analisis MDS (Multidimensional Scaling). Dari hasil analisis menunjukkan bahwa nilai indeks keberlanjutan pada dimensi ekonomi Danau Maninjau dengan status baik dengan faktor pengungkit : pemanfaatan ekonomi lainnya (air baku), pemanfaatan fungsi energi (PLTA), dan pemanfaatan fungsi pariwisata. Nilai indeks keberlanjutan pada dimensi sosial Danau Maninjau dengan status cukup berkelanjutan dengan faktor pengungkit : diversifikasi pekerjaan, kekerabatan masyarakat, dan kesadaran masyarakat. Dan nilai indeks keberlanjutan pada dimensi ekologi Danau Maninjau dengan status cukup berkelanjutan dengan faktor pengungkit : banjir, ketersediaan air di hulu, dan pembawa penyakit.


Full Text:

PDF

References


Abadi, dkk. 2013. Pengaruh Jarak Tanam dan Teknik Pengendalian Gulma Pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Ubi Jalar (Ipomoea batatas L.). Jurnal Produksi Tanaman Vol. 1 No.2

Atmaja, Dewa Made.2016. Kondisi Input dan Output Serta Storage Air Danau Buyan di Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jurnal Media Komunikasi Geografi Vol. 17, Nomor 1 Universitas Pendidikan Ganesha.

Endah, Nur Hadiati dan M.Nadjib.2017. Pemanfaatan dan Peran Komunitas Lokal dalam Pelestarian Danau Maninjau. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Volume 25 No.1 LIPI.

Fauzi, A. dan S. Anna. 2005. Pemodelan Sumber Daya Perikanan dan Kelautan: untuk Analisis Kebijakan. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Groenen PJ.F. dan Velden M. 2004. Multidimensional scaling, Econometric Institute Report EI.

Hendrik.2014.Analisis Usaha KJA, Prospek dan Kendala Pengembangannya di Nagari Tanjung Sani Kabupaten Agam Sumatera Barat. Jurnal Perikanan dan Kelautan Volume 19 No.1.

Mustaruddin, dkk.2018. Pola Pencemaran Lokasi Penangkapan dan Ikan Hasil Tangkapan Akibat Berkembangnya Aktivitas Ekonomi di Sekitar Danau Maninjau. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Vol. 8 No. 2 (Agustus 2018): 134-142

Nengsih, Nelfia.2018. Manajemen strategi kelestarian kawasan Danau Maninjau (studi kasus pencemaran lingkungan oleh keramba jaring apung (kja) di Nagari Bayur). Jurnal Online Mahasiswa Vol. 5 Edisi I, Fakultas Fisip Universitas Riau.

Nontji, A. 2016. Danau Maninjau. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jakarta.

Nurcahyani, Wahyu.2018. Tradisi Ma`awuo Danau Bakuok Di Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jurnal Online Mahasiswa Volume 5 Edisi 1 FKIP Universitas Riau.

Pitcher, T.J., Bundy, A., Preikshot, D., Hutton, T., Pauly, D.1998. Measuring the unmeasurable: a multivariate interdisciplinary method for rapid appraisal of health of fisheries. In: Pitcher, T.J., Hart, P.J.B., Pauly, D. (Eds.), Reinventing Fisheries Management. Kluwer Academic Publishers, Dordrecht.

Pitcher, Tony J dan David Preikshot.2001.Rapfish: a rapid appraisal technique to evaluate the sustainability status of fisheries. Journal of Fisheries Research.

Rubinstein,R.Y.1981. Simulation and the Monte Carlo Method. New York: John and Sons Ltd.

Sianipar, Taruli dan Kamarlin Pinem.2017. Strategi Bertahan Hidup Keluarga Nelayan Danau Toba di Desa Lumban Binanga Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba Samosir. Jurnal Tunas Geografi Vol. 6 No. 2. Universitas Negeri Medan.

Syawal, M. S., Wardiatno, Y., & Hariyadi, S.2016. Pengaruh aktivitas antropogenik terhadap kualitas air, sedimen dan moluska di Danau Maninjau, Sumatera Barat. Jurnal Biologi Tropis, Volume 16 No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.