PROYEK JALAN TOL DI INDONESIA DENGAN SKEMA KERJASAMA PEMERINTAH DAN BADAN USAHA (KPBU) : SUATU TINJAUAN LITERATUR

Erna Nurhayati

Abstract


Riset ini menganalisis topik-topik riset pada penelitian proyek jalan tol yang dibiayai dengan skema KPBU selama rentang 2004-2019, lalu mengidentifikasi topik yang populer dan mencari kesenjangan topik riset untuk pengkayaan riset di masa depan . Riset ini menganalisis 56 artikel sampel yang berasal dari jurnal pada website Google Scholar, Sciencedirect, Emeraldinsight, Sinta, dan Portal Garuda. Analisis menunjukan topik Risiko dan Finansial menjadi dua topik terpopuler. Dalam proyek KPBU Jalan Tol di Indonesia, didapat beberapa risiko yang didentifikasi dari sampel artikel seperti : Risiko Finansial/Ekonomi, Risiko Ketersediaan/Pengadaan lahan, Risiko volume lalu lintas, Risiko pendapatan, Risiko operasi dan pemeliharaan, Risiko konstruksi, Risiko tarif, Risiko force majeure, Risiko tender/kontrak, Risiko hokum dan kebijakan dan Risiko Politik. Di sisi lain, Topik finansial membahas Viablility Gap Fund (VGF), pengaruh inflasi dalam analisis kelayakan finansial, pembayaran jaminan proyek KPBU, perhitungan analisis sensitivitas untuk mengukur hubungan antara kondisi kelayakan finansial dan sejauh mana dukungan yang dibutuhkan untuk suatu proyek KPBU. Riset ini menemukan beberapa masalah penelitian penting yang belum ada dan harus diteliti lebih lanjut. Topik yang menarik untuk diteliti lebih lanjut meliputi isu akuntansi KPBU, akuntabilitas pemerintah, dan dampak budaya/sosial dari proyek jalan tol. Isu-Isu tersebut dapat digunakan sebagai panduan dan referensi bagi penelitian-penelitian selanjutnya dalam KPBU, Khususnya di Indonesia. 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.